Tutorial Instalasi PCLinuxOS MiniMe ke USB Flash Disk

Biasanya untuk distro Linux versi live CD, bisa anda jalankan langsung melalui CD-ROM tanpa harus diinstall ke komputer, nach sekarang bagaimana jika anda ingin menjalankan Distro Linux Live-CD melalui USB Flashdisk anda? caranya sangat mudah sekali, karena tadi siang saya baru saja mencobanya, adapun tutorial cara instalasinya, saya sederhanakan bahasanya dengan menterjemahkan dari tutorial versi Bahasa inggris yang saya kutip dari situs PendriveLinux, supaya mudah dimengerti bagi anda yang ingin mencoba menjalankan Linux melalui USB Flashdisk. Adapun untuk Distro linuxnya menggunakan PCLinuxOS MiniMe yang merupakan Distro PCLinuxOS yang diturunkan dari Mandrake yang sekarang berubah nama menjadi Mandriva.



Baiklah kita mulai tutorialnya, namun sebelumnya anda persiapkan terlebih dahulu keperluan dasar untuk instalasi :

Cara instalasi PCLinuxOS ke USB Flash Disk di Windows:

  1. Silahkan anda download semua keperluan dasarnya yaitu HP-USB Format Tool, ISO PCLinuxOS MiniME dan FixMM.Zip
  2. Install HP-USB Format Tool, kemudian format USB Flash Disk anda menggunakan system Fat atau Fat32.
  3. Buat Folder Baru di komputer, kemudian ekstrak fixmm.zip kedalam folder yang baru anda buat, dan jangan lupa untuk file ISO PCLinuxOS Minime yang telah didownload, anda tempatkan juga ke folder baru tersebut disatukan dengan hasil ekstrak-an fixmm.zip
  4. Jalankan file fixmm.bat yang berada pada folder baru tersebut, baca instruksinya, kemudian tekan [Enter], sehingga akan dihasilkan folder baru dengan nama MiniMe yang berisi file system PCLinuxOS.
  5. Kopikan seluruh isi file yang berada pada folder MiniME, ke USB Flash Disk anda.
  6. Jalankan file Makeboot.bat dari USB Flash Disk anda, untuk menjadikan USB flashdisk anda menjadi Bootable.
  7. Selesai untuk proses instalasi PCLinuxOS Minime ke USB Flashdisk anda. Untuk menjalankannya silahkan anda setting BIOS terlebih dahulu aga bisa boot melalui USB Flash Disk.

Catatan : Setelah muncul form login anda bisa gunakan username: root dan password: root atau username : guest dan password: guest

0 komentar:

Poskan Komentar

jika tidak memiliki id apapun silahkan pilih anonymous