Mana yang Lebih Dulu, Adam atau Manusia Purba?

Manakah yang lebih dulu ada, Nabi Adamkah atau manusia purbakah? Mungkin Anda sempat bingung, menurut keyakinan Islam, Adam adalah manusia pertama. Tapi di sisi lain ada fakta penemuan fosil manusia purba yang telah berusia jutaan tahun.

Ada yang menyimpulkan bahwa Adam tetap manusia pertama, Adam adalah nenek moyang manusia purba dan manusia yang ada sekarang, lalu menyimpulkan Adam telah berusia jutaan tahun yang menjadi nenek moyang semua manusia.

Bahkan ada yang terpengaruh teori evolusi, dan menyimpulkan bahwa Adam bukanlah manusia pertama, Adam adalah keturunan dari manusia purba, sedangkan manusia purba adalah berasal dari jenis kera. Na’udzubillah.

Data tambahan berikut ini semoga bisa dijadikan benang merah yang dijadikan pijakan tentang mana yang lebih dulu antara Adam dan manusia purba.

Pertama, menurut penemuan fosil-fosil manusia purba di abad-abad akhir ini disimpulkan bahwa para manusia purba ini hidup JUTAAN tahun lalu. Semoga kesimpulan arkeolog ini benar, sebab kesimpulan usia fosil ini menjadi penentu posisi ‘manusia purba’ ini selanjutnya.

Kedua. Bangsa Arab dikenal sangat hafal silsilah nenek moyangnya, bahkan banyak orang Arab yang bisa hafal silsilahnya hingga Nabi Adam as. Dari data yang tertulis maupun hafalan bangsa Arab akan silsilah mereka ini, disimpulkan bahwa Nabi Adam a.s. hidup sekitar 6.000 (ENAM RIBU) tahun silam. Data ini cukup valid, mengingat kemampuan menghafal silsilah (dan banyak hal) dalam bangsa Arab merupakan suatu yang meyakinkan.

Jadi siapakah manusia yang lebih dulu? Dari dua data di atas maka bisa disimpulkan bahwa manusia purba ada terlebih dahulu dibandingkan dengan Nabi Adam a.s.

Jadi, Adam tetap Manusia Pertama?
Dalam banyak nash Al-Quran disebutkan bahwa Adam adalah manusia pertama, ia diciptakan dari tanah langsung, dan dia tidak berayah dan tidak beribu. Pernyataan inilah yang menjadi dasar Islam tentang konsep “asal usul manusia”. Kemunculan Adam yang tidak berayah dan beribu dan diciptakan langsung dari tanah menegaskan konsep Islam bahwa Adam “tetap” Manusia Pertama, setidaknya Manusia Pertama dari jenisnya. Dari dialah kemudian muncul manusia termasuk kita sekarang. Sehingga kita sering disebut sebagai “bani Adam” atau “keturunan Adam”.

Jika dilihat dari silsilah yang terekam oleh bangsa Arab di atas, dapat disimpulkan bahwa Adam dan keturunannya yang ada sekarang telah ada di muka bumi sejak 6.000-an tahun lalu. Tetapi usia ini tergolong sangat muda dibanding dengan fosil manusia purba yang diperkirakan telah berusia JUTAAN tahun. Sekalipun muncul fakta ada manusia purba yang telah berusia jutaan tahun mendahului Adam yang baru ribuan tahun, konsep Islam bahwa “Adam adalah manusia pertama” tidaklah berubah. Menurut agama Islam, kedudukan Adam sebagai manusia pertama dari “jenis manusia” yang ada sekarang ini. Bila kemudian ditemukan fakta bahwa sebelumnya ada “manusia purba”, maka manusia purba yang itu tentu “berbeda” dengan manusia dari jenis Adam dan keturunannya.

Keunggulan Manusia Keturunan Adam
Dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 30 dijelaskan bahwa Allah mengumumkan kepada para malaikat akan menjadikan khalifah (manusia) di muka bumi. Pengumuman ini disambut kekhawatiran para malaikat bahwa manusia nanti akan membuat kerusakan di bumi dan menumpahkan darah sesamanya. Sebagian ulama berpendapat, bahwa kekhawatiran para malaikat ini berkaca dari “manusia pendahulunya” yang pernah mendiami bumi dan mengadakan kerusakan serta menumpahkan darah, sehingga mereka punah. Manusia pendahulu inilah yang saat ini ditemukan fosilnya dan kita namai sebagai manusia purba.

Dalam QS. Al-Baqarah 30 disebutkan: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Menanggapi kekhawatiran para Malaikat itu, Allah menyatakan dalam ayat berikutnya bahwa sosok manusia “yang kali ini” Dia ciptakan akan dibekalinya “ilmu seluruhnya” (ilmu yang sempurna). Penekanan pemberian bekal ilmu inilah yang seolah menjadi inti perbedaan “manusia” yang akan diciptakan ini dibandingkan dengan “makhluk lain” (dibandingkan jin, malaikat dan dibandingkan pendahulunya yaitu manusia purba).

Disebutkan dalam QS. Al-Baqarah ayat 31. Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"

QS. Al-Baqarah ayat 33. Allah berfirman: "Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini." Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: "Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?"

Dari data-data dan kajian singkat di atas, bisa kita gambarkan kesimpulan sebagai berikut:

Pertama. Ketika Adam dan manusia keturunannya belum diciptakan, di muka bumi ini pernah hidup sejenis manusia yang secara fisik mereka hampir seperti manusia sekarang, mereka memiliki nafsu dan insting untuk hidup tetapi mereka belum diberi “ilmu pengetahuan yang sempurna” oleh Allah, sehingga karenanyalah mereka sering mengadakan kerusakan di muka bumi dan menumpahkan darah di antara sesama mereka. Dan karena itulah mereka punah.

Manusia-manusia inilah yang fosilnya kita temukan sekarang dan kita namai sebagai MANUSIA PURBA. Manusia-manusia jenis ini hampir punah seluruhnya dan tidak tersambung dengan Adam dan keturunannya. Seandainya masih ada keturunan manusia purba, mereka jumlahnya amat sedikit dan hidupnya di pedalaman, dan yang terpenting tingkat kemampuan berfikir dan teknologi mereka tentu sangat rendah, dan hampir-hampir tidak bisa kita lihat sisi "kemanusiaan"nya.

Kedua. Setelah kepunahan manusia purba untuk sekian lamanya, barulah Allah menciptakan jenis manusia baru yang “berbeda”. Manusia jenis ini dibekali nafsu dan insting untuk hidup, namun juga dibekali “ilmu pengetahuan yang sempurna” termasuk diturunkannya agama (QS. Al-Baqarah 31-33). Adam-lah yang menjadi manusia pertama yang diciptakan dari jenis ini. Penciptaan “manusia purba” yang punah itu menjadi pelajaran bagi Adam dan keturunannya, bahwa manusia tanpa “ilmu pengetahuan dan agama” hanya akan menciptakan kerusakan di bumi dan menumpahkan darah sesamanya, dan inilah yang menjadi penyebab punahnya mereka.

Jadi, manusia yang hidup di bumi saat ini merupakan keturunan Adam seluruhnya. Tidak ada satupun yang merupakan keturunan manusia purba. Manusia purba benar-benar sudah punah. Fosil-fosil manusia purba yang ditemukan di Jawa-Indonesia kalaulah benar usianya sudah jutaan tahun, maka bukanlah nenek moyang asli dari penduduk Jawa sekarang ini, begitu juga fosil-fosil di tempat lain bukanlah nenek moyang dari manusia yang ada sekarang.

Lain urusan

Berbeda lagi urusannya, apakah manusia-manusia purba itu merupakan keturunan kera ataukah bukan? Kalau benar keturunan kera, mengapa kera-kera itu sekarang masih ada? Apakah kera-kera itu tidak ikut berevolusi? Kera-kera sekarang ini dulunya seperti apa, dan nanti akan menjadi seperti apa? Jangan-jangan kera punya garis sendiri, dan manusia punya garis sendiri, artinya teori evolusi itu hanya mengada-ada? Ketika teori evolusi menyimpulkan bahwa burung-burung yang ada sekarang adalah hasil evolusi dari dinosaurus seperti T-Rex di zaman purbakala, tiba-tiba ditemukan fosil “burung yang sama” yang usianya sezaman dengan T-Rex. Berarti burung yang sekarang, dulu juga adalah burung, bukan evolusi dari T-Rex, dan memang tidak ada evolusi!?

Semua ini masih menjadi perdebatan antara penganut teori evolusi dan penentangnya, juga menjadi pekerjaan rumah bagi manusia untuk membuktikan kebenarannya.

Dikutip dari http://imamsaifulbahri.co.cc

118 komentar:

  1. Jelas manusia purba lah yang lebih dulu, Adam AS itu diciptakan kan sebagai khalifah di Bumi, yang artinya pemimpin atau pengganti, yaitu pengganti penghuni bumi sebelumnya, lebih lagi kan manusia purba usia fosilnya jutaan tahun, Adam AS datang di Bumi kan sekitar Millenium ke enam SM, atau 7000 - 8000 tahun yang lalu.....

    BalasHapus
  2. adam ga punya puser...soale ga dilahirkan dari seorang ibu hehehehe

    BalasHapus
  3. ada sedikit saja nih, ini kan perbbedaan religius dan logis, sama2 blm tau kan, mana yng lbh dulu, kalo sudah tau asal-usul manusia trus asal-usul bumi-ternyata tuhan banyak nyimpan rahasia, selamat berhypotesa..he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuhan banyak menyimpan rahasia,,,tapi kita di beri tahu kalau adamla manusia pertama,,bukan monyet....

      jadi kalau kamu bilang monyet manusia pertama,...
      maka sama saja kamu cacad dimata tuhan :D

      Hapus
    2. wancom cheater bener om..
      sayamah keturunan nabi adam bukan monyet..
      teori darwin hoax..
      yang percaya sama teory darwin tidak pernah belajar agama, agama apapun itu

      Hapus
  4. YANG BENAR ADALAH; MANUSIA BERASAL DARI SETETES AIR HINA YANG TERUS DISEMPURNAKAN MENJADI MANUSIA SEUTUHNYA SEPERTI SAMPIYAN2 ITU TAK IYHE, NGAPAIN SIH PUSING2. SANA LO PADA KERJA DARIPADA MIKIRIN MANUSIA PURBA. NANTI KALO NGOTOT BERARTI SAMPIYAN2 ITU MANUSIA PURBA NYA....WEKEKEKEKEKEKEKKEKEKEK......

    BalasHapus
  5. SEBUAH PERTANYAAN;ANDA MAU GABUNGKAN ANTARA RELIGIUS DAN HYPOTESA TIDAK AKAN PERNAH BISA BERTEMU, SPERTI BIOLOGI DAN MATEMATIKA, SPERTI REL KERETA API APA UJUNGNYA BISA BERTEMU?

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah tambah goblok

      Hapus
    2. haha.. anda ini lucu, doktrin agam dan sains itu bisa berkaitan, banyak ayat Al-Quran yang tegak lurus dg sains ko. ibaratnya biologi dan matematika. biologi membutuhkan perhitungan dalam menentukan berat ideal.

      Hapus
    3. Matematika dan biologi dikaitkan dalam fisika. Lu aja gak mikir

      Hapus
  6. Manusia purba itu tdk ada. Adam, manusia pertama. Tuhan pemilih. Jd di pilih NYA lah Adam dan keturunan nya sebagai bangsa yg menyampakan kebesaran NYA. Adam dan keturanan di berkati dgn keistimewaan dan kelebihan. Setelah Tuhan menciptakan Adam, apakah Tuhan menciptakan manusia lain dgn proses yg sama, tp dgn warna yg lain di serak kan di muka bumi. Itulah rahasia Tuhan. Tapi itulah yg paling mendekati. Kita yg di indonesia dan negara2 lain bukan keturunan Adam. Bangsa israel lah keturunan Adam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda itu bodoh ... diatas dijelaskan secara logis, dikaitkan dengan penciptaan Adam A.S. Bahwa beliau adalah Manusia Pertama yang diberikan kesempurnaan secara fisik, akal fikiran. Kalau anda merasa tidak punya akal fikiran ya anggap saja anda keturunan manusia purba, atau apalah itu

      Hapus
  7. menurut saya Nabi Adamlah manusia yng pertama..karena sudah d jls kn dlm Al-Qur'an..

    Walaupun begitu tapi.....
    aku msh bingung ...
    wkwkwkwk...


    Terimakasih atas infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kamu masi bingung,,sama aja kamu gak percaya sama kitab allah,,,hayoooooooo :D

      Hapus
  8. Yg salah adalah para ahli yg menghitung fosil itu, salah hitung dia itu. apalagi yg ngitung suka begadang jd mrk pada ngantuk wkt menghitungnya, lagian ngitungnya pakai kalkulator made in Cina ya amburadollllah, hehehe

    BalasHapus
  9. Yg salah adalah para ahli yg menghitung fosil itu, salah hitung dia itu. apalagi yg ngitung suka begadang jd mrk pada ngantuk wkt menghitungnya, lagian ngitungnya pakai kalkulator made in Cina ya amburadollllah, hehehe

    BalasHapus
  10. manusia purba jelas ada,manusia purba mungkin sudah punah bersamaan dgn punahnya dinosaurus karena usia manusia purba sudah berjuta-juta taun yg lalu.Baru kemudian diturunkan Nabi Adam&Hawa.
    Dulu daratan di bumi itu menjadi satu,kmdian tjdi bencana dahsyat yg membelah bgian daratan bumi menjadi terpisah.maka dari itu fosil manusia purba ada diberbagai belahan bumi

    BalasHapus
  11. Manusia purba itu menurut ahli-ahli sejarah bentuknya mirip kaya gambar paling atas dr cerita ini. Berbulu lebat di tubuh nya, mirip kera, ga pake baju lg.
    satu hal yg mau saya tanya, dari mana mereka tau wujud asli dr manusia purba yg seperti pda gambar di atas ?
    yg mereka temukan hanya fosil dan peninggalan2 lainnya. (Bukan poto pastinya. wkwkwk)
    tp knp mereka tau wujud manusia kera itu ky begitu ??
    apa itu cuma khayalan dan imajinasi dr mereka (si penemu-penemu fosil n orang2 pintar yg menyebutkan bahwa manusia purba itu ada) saja ??

    BalasHapus
  12. Manusia purba itu menurut ahli-ahli sejarah bentuknya mirip kaya gambar paling atas dr cerita ini. Berbulu lebat di tubuh nya, mirip kera, ga pake baju lg.
    satu hal yg mau saya tanya, dari mana mereka tau wujud asli dr manusia purba yg seperti pda gambar di atas ?
    yg mereka temukan hanya fosil dan peninggalan2 lainnya. (Bukan poto pastinya. wkwkwk)
    tp knp mereka tau wujud MANUSIA PURBA itu ky begitu ??
    apa itu cuma khayalan dan imajinasi dr mereka (si penemu-penemu fosil n orang2 pintar yg menyebutkan bahwa manusia purba itu ada) saja ??

    BalasHapus
  13. Mungkin manusia purba yang di sebut-sebut manusia itu bukan manusia sebenarnya, tapi makhluk yg mirip manusia. bisa jadi itu hewan purba yg mirip manusia.

    Dari Abu Hurairah, ia telah berkata: Rasulullah SAW memegang tanganku kemudian berkata: "Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Tinggi telah menciptakan tanah (bumi) pada hari Sabtu, menciptakan padanya gunung-gunung hari Ahad, menciptakan pohon pada hari Senin, menciptakan hal-hal yang tidak disenangi pada hari Selasa, menciptakan cahaya pada hari Rabu, dan menyebarkan binatang padanya hari Kamis, dan menciptakan Adam alaihissalam setelah Ashar pada hari Jum'at pada akhir penciptaan pada akhir waktu dari waktu-waktu Jum'at antara Ashar hingga malam."

    Read more: http://egidino.blogspot.com/2012/03/dinosaurus-menurut-alquran-dan-hadits.html#ixzz23LLaAIQI

    di situ tertulis Allah menyebarkan binatang padanya hari Kamis, dan menciptakan Adam alaihissalam setelah Ashar pada hari Jum'at.
    hari kamis sampe jumat nya Allah sama manusia jelas beda. Jarak bagi Allah cuma sehari, tp bagi manusia bisa sampe berjuta-juta tahun.
    jadi, bisa jadi itu hewan purba bukan manusia purba, tp punah sebelum nabi adam di ciptakan.

    maaf kalo salah, ini cuma sekedar pendapat saya.. jadi, sekali lagi maaf jika pendapat saya salah.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pohon diciptakan sebelum cahaya?
      apakah pohon/tumbuhan bisa hidup tanpa cahaya??

      Hapus
    2. APA YANG KAGA BISA BUAT ALLAH ..
      DI PUNYA SEMUANYA.

      INGET OM..
      BACA ALQUR'AN UNTUK INFO LEBIH LANJUTNYA ..
      ITULAH KAMUS DUNIA N SEISINYA TERMASUK KEMAJUAN ZAMAN INI SUDAH TERTULIS.

      Hapus
    3. apa yang kaga bisa buat allah?? setau ane ada gan..allah gak bisa memberitahukan rahasia allah kepada ente OM..buktinya kan gara2 urusan allah gak kasi tau rahasianya ente2 se dunia pade jd beribet buat 1 urusan adam ma monyet doank..kan??? padahal kalo di kasi tau rahasianya juga ente2 paling jawab nya'' ooooooh GITUUU TOH CERITANYA''...btw ada untung nya jg allah gak kasi tau rahasianya jd buat kalo suntuk kite2 bisa ketik ketik nge Go blog kayak gini kan yeeee....

      Hapus
    4. Anonim12 Feb 2014 00.04.00 >>
      kita manusia di beri akal. semua rahasia Allah sudah di beritahukan di dalam Al-Qur'an kecuali Qodar/takdir kita setiap makhlukNYA. berfikirlah!

      Hapus
  14. lho ya ada toh.. manusia purba itu ... buat apa klo misal manusia purba g ad buat apa pelajaran gepoographi ??? pikir dong ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti buat iseng tuh
      bangga banget kayanya jadi keturunan manusia purba

      entar kalo di tanya anaknya gimana tuh jawabnya

      pah/mah nenek moyang kita namanya siapa ??
      jawaban: MONYET !!! nak

      Hapus
    2. tikus kokk wkwkwkwkwkw

      Hapus
    3. buat bahanr rumpi ma ketak ketik di komp ...nge gogo blog an kayak gini....

      Hapus
  15. DAYA HAYAL TINGKAT TINGGI

    BalasHapus
  16. yang percaya nenek moyangnya manusia purba, berarti dia berasal dari kera, he he

    BalasHapus
  17. Teori Evolusi itu TIDAK ADA!
    Dalam ilmu Biologi, dikenal istilah omnis cellula e cellula, yang artinya, sel-sel yang sekarang ada berasal dari sel-sel yang telah ada sebelumnya. Kalau selnya saja sudah sama, maka individunya juga sama dong. Jadi, manusia sekarang ya dari manusia yang sama dengan sekarang. Bukan dari kera, bukan dari yang lain.
    Jadi benar, EVOLUSI TIDAK ADA. Kalau kera ber-evolusi menjadi manusia, kok sekarang masih ada kera?

    BalasHapus
  18. rel kereta api mah ada ujungnya... kayak di stasiun semut, Surabaya..

    BalasHapus
  19. Lhat hubungan resus darah negatif dengan nabi adam. Ada hubungannya looo. Adam terlahir dengan Resus negatif dan menyatu dengan manusia purba dengan rhesus positif. pasti sangat menarik hubungannya.

    BalasHapus
  20. Jelas keturunan manusia adalah dari Nabi Adam AS. Bahkan sudah tertulis pada al-kitab yang tidak mungkin salah dan berlaku sampai akhir zaman (Al-Qur'an). Kalo dari kera mah lo aj kalii, apalagi kalo lo ga bisa bedain muka lo ama muka kera...???!!! Hehehe, piss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya broo ane gak bisa bedain ente ma kera...?????upss salah... bisa deng beda nya ente ma kera ...bedanya kera gak pake kacamata brooo...untung aja.....

      Hapus
    2. bego tau gx loh, kalo nabi adam tingginya 60 hasta = 27 m.. jelas klo manusia purba monyet purba ukurannya kecil bego sama seperti sekarang ukuran monyet lebih kecil di banding manusia, jadi jelas manusia purba itu bukan nenek moyang manusia, dinosaurus itu seperti biyawak kalo sekarangmah, ngaji mantageh boloon dia

      Hapus
  21. klau adam di ciptakan setelah manusia purba punah..lalu sipa yg menciptakan manusia purba itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaanmu gak masuk akal nak

      Hapus
    2. eh si manusia purbanya tny siapa penciptanya,memang bnar mnusia purba dciptkn tnp dbkali akal pikiran mkanya dy mnyampaikan pertnyaan yg bodoh

      Hapus
    3. wkwkwkwk, bisa jadi,, bisa jadi,,

      Hapus
    4. emang pe'a tuh

      Hapus
    5. udah gak usah ribut ane kasi tau deh ..sebener nya yg bikin manusia purba tuh engkong ane..ni rahasia loh antara kita aja yeeh yang lain gak usah sampe tau ntar jd gosip lg....TOP secret!! yang penting ente udah tau dan gak tanya2 lg yeeh..inet...TOP SECRET!!! klo kurang tanda serunya tambain aja ndiri yeeh.......

      Hapus
    6. HWAKAKAKAKAKAKAKAKAK.....
      NGAKAK GULING2, SAMBIL KOPROL, SAMBIL LONCAT INDAH, SAMBIL HEAD BANGING, MANGGUT2 ALA METAL \m/, SAMBIL GOYANG DANGDUT, SAMBIL ANGKAT BARBEL,.... huhh,,, cape deh...
      sebenernya pertanyaan dia masuk akal karna kita semua pasti bisa menajwabnya.
      dianya yg gak punya akal.
      tp dia juga salah tempat nanya ky gt, atau mungkin dia khilaf,..
      jadi teman2 sekalian, maafkanlah siapa yg bertanya itu..

      Hapus
  22. Menurut saya, Saya yakin bahwa Nabi Adam A.S dan manusia Purba di ciptakan lebih dahulu nabi adam. Karena muungkin pada zaman nabi Musa A.S ada kaum, tapi saya gk tau apa nama kaum nya yang di Kutuk oleh Allah SWT menyerupai monyet. Nah mungkin yg di kutuk itu lah yang namanya manusia Purba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaum nabi apa saya juga lupa lagi, karena setiap hari jumat mereka memancing malah meninggalkan sholat jumat, sehingga diberi azab...

      Hapus
    2. Wahyudi itu mah. Dan bukan karena ninggalin sholat Jumat tapi ibadah di hari Sabtu. Dikutuk jadi nyomet. Gakada hubungan sama purba2an

      Hapus
  23. manusia purba adakah hubungannya dengan manusia primitif yang sekarang ada di pedalaman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mo ada mo kagak besok lg aja deh broo sekarang yang pasti pesen cingcau nya dulu 2 gelas 1 buat ane 1 lg buat ente...tenang aja yee abis minum cingcau ane kasi tau deh jawabanya...dan satu lg jangan khawatir ntar cincau nya ane traktir cuma ente bayarin dulu aje yeeeeeeeh......

      Hapus
  24. BISA JADI SOB...,, TPGW GA SETUJU SAMA YG INI "Bangsa Arab dikenal sangat hafal silsilah nenek moyangnya, bahkan banyak orang Arab yang bisa hafal silsilahnya hingga Nabi Adam as. Dari data yang tertulis maupun hafalan bangsa Arab akan silsilah mereka ini, disimpulkan bahwa Nabi Adam a.s. hidup sekitar 6.000 (ENAM RIBU) tahun silam. Data ini cukup valid, mengingat kemampuan menghafal silsilah (dan banyak hal) dalam bangsa Arab merupakan suatu yang meyakinkan."..
    MANK NYA ORANG ARAB KOMPUTER BISA GAMPANG HAFAL,, SETAU GW ORANG ARAB BANYAK LICIKNYA DARI PADA BENERNYA,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena nama orang arab selalu menyertakan nama bapaknya(bin/binti)?

      Hapus
    2. lu ni berpikirnya yang jernih dong anonim atas
      lo mau jadi keturunanya kera apalagi yesus
      yesus adalah nabi keturunanya adam sob

      Hapus
  25. trims artikelnya buat nambah iman sesama muslim

    BalasHapus
  26. manusia dalam teori darwin = homo "sapiens" yg berarti "berpikir"

    perlu diquotes lagi bahwa di holy books teori darwin tersebut hanyalah spekulasi :CMIIW:

    BalasHapus
  27. yang Pasti Nabi Adam AS,manusia pertama yang d ciptakan allah,untuk menyempurnakan pola pikir manusia seiring perkembangan bumi dan seisinya,minimal memperlambat atou mempercepat kehancuran bumi ini ,tergantung bro...

    BalasHapus
  28. Sangat mengena dengan inti pertanyaan dari Masyarakat umum.
    6000 SM adalah awal Mesopotamia, kabarnya peninggalan peradabannya terdapat teks tentang kisah nabi Nuh as.
    9560-9300 SM adalah kala Holosen.
    Teori Darwin bikin pusing.

    BalasHapus
  29. Terimakasih atas komentarnya, dan semoga bermanfaat/menambah pengetahuan untuk umat banyak... (Y)

    BalasHapus
  30. Manusia Purba memang pernah ada sesuai fakta fosil, hanya orang bodoh lah yg tdk percaya itu, sebab dalam Alkitab jelas ada. Teori Evolusi muncul karena kesalahan fatal ahli tafsir pada zamannya , selama penciptaan hari ke 6 ditafsirkan sbg manusia Adam, Agama dan Sains tidak akan ketemu.Ok. GBU . agus.miradi@yahoo.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketemu kok, islam adalah agama paling rasional dan ilmiah

      Hapus
  31. YA PASTILAH NABI ADAM MANUSIA PERTAMA. JAUH SEBELUM NABI ADAM MENGHUNI BUMI, BUMI INI DI HUNI OLEH BANGSA JIN, KARENA BANGSA JIN ITU BANYAK MELANGGAR PERINTAH ALLAH, MAKA ALLAH MEMBASMI SELURUH PENGHUNI BUMI (JIN) KETIKA ITU, MELALUI BALA TENTARA MALAIKAT YANG MEMBANTAI HABIS PENGHUNI BUMI KETIKA ITU (JIN). HINGGA TERSISA 1 JIN YANG SEKARANG DISEBUT IBLIS. SETELAH ITU BUMI KOSONG MELOMPONG TIDAK ADA PENGHUNI. BEBERAPA RIBU TAHUN KEMUDIAN ATAU LEBIH LAMA, ALLAH MENCIPTAKAN NABI ADAM/MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH DIBUMI (SURAH ALBAQARAH). YA MAKSUDNYA KHALIFAH ADALAH PENGGANTI BANGSA JIN YANG DULU MENGHUNI BUMI. LALU APA MANUSIA PURBA ITU ? ITU HANYA LAH TERKA2AN MANUSIA, YANG NILAI KEBENARANNYA HAMPIR NULL. KARENA SETIAP TEORI YANG BERSELISIH DENGAN AL-QURAN PASTI SALAHNYA, KARENA AL-QURAN INI PASTI NYATA. NGAPAIN REPOT2 NGEBAHAS MANUSIA PURBA, TINGGAL DI TELUSURI SAJA, ORANG YANG MENGELUARKAN TEORI MANUSIA PURBA ITU ORANG ISLAM ATAU BUKAN ? KALAU ORANG ISLAM TIDAK AKAN MENGELUARKAN TEORI YANG MENGADA2. TANYA AJA SAMA ILMUWAN TEORI PURBA TERSEBUT "KAMU PERCAYA GAK SEBELUM MANUSIA INI MENGHUNI BUMI, YANG MENGHUNI PERTAMA KALI ADALAH BANGSA JIN ? KAMU PERCAYA GAK BAHWA ALLAH ITU YANG MENCIPTAKAN JIN DAN MANUSIA DAN YANG MENGATUR ALAM INI ?" KALAU DIA GAK PERCAYA, NGAPAIN KITA PERCAYA SAMA TEORI MENGADA2 NYA TERSEBUT.....
    PIKIR BAIK-BAIK HAL ITU ....
    KEYAKINAN TERHADAP AGAMA ITU DIATAS LOGIKA...
    KEKUASAAN ALLAH ITU DILUAR KEMAMPUAN LOGIKA MANUSIA...
    UDAH DEH JANGAN BERSELISIH DENGAN AL-QURAN HANYA KARENA LOGIKA2 KECIL MANUSIA...
    PERCAYA SAJA PADA ALLAH PASTI SELAMAT...

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus ngapain daru SD sampai SMA kita harus belajar sejarah tentang manusia purba seharusnya pelajaran tentang manusia purba itu di hapuskan

      Hapus
    2. tu la kita semankin banyak ilmu pendidikan semankin sesat....

      contoh'a aja danau toba,...
      sejarah'a di ubah2 sama peneliti kafir :v

      Hapus
    3. haha bener wancom cheater..
      yang beranggapan manusia pertama adalah manusia purba hanyalah orang-orang bodoh..
      kalo memang benar manusia adalah hasil evolusi dari kera, kenapa umat manusia jaman sekarang nggak ada yang berevolusi lagi, misalnya manusia punya sayap tah, punya mata tujuh lah, jawab loh ANONIM Jangan bego luh, gue maau tanya sama si ANONIM ini, sekarang elu udah ber evolusi jadi apa jadi manusia kadal luh hah, dasar oon, sudah di jelaskan dalam al-quan baha manusia pertama adalah adam yang di ciptakan dari tanah..

      Hapus
  32. Ada sebuah buku berjudul " Siapakah Manusia Pertama Itu ?" thn 2003 lalu, disitu dijelaskan secara rasional dan realistis tentang asal usul manusia dan mahluk hidup, juga tentang kronologis kisah penciptaan langit bumi. Kesalahan yang tidak disadari oleh ahli kitab sampai saat ini telah membuat jurang pemisah antara agama dan dunia sains.
    Teori Evolusi itu salah tetapi fakta fosil itu benar adanya sehingga usia alam semesta ini memang betul sudah ratusan ribu atau bahkan jutaan tahun yang lalu. ahli kitab yang tidak percaya akan hal ini belum dapat dikatakan ahli, ok.txs

    BalasHapus
  33. AGAMA KALIAN PASTI BEDA BEDA KAN BEROO ??
    AGAMA KALIAN JUGA PUNYA KITAB MASING MASING KAN BERROO?
    COBA KALIAN BACA ISINYA, ALLAH MENURUNKAN 5 KITAB YANG BERBEDA.
    DAN KITAB TERAKHIRLAH YANG DIJADIAN PENYEMPURNA, DAN ITU ALQURAN.
    SEKARANG SAYA TANYA KALIAN LEBIH PERCAYA SAMA TEORI SI MBAH ATOW SAMA KITAB???

    BalasHapus
  34. dari mana bisa yakin kalo silsilah orang araab itu benar ? ga ada bukti resmi, cuma ingatan ? manusia kan juga bisa salah terutama dalam mengingat, apalagi silsilah yang panjang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara Teoritis seperti halnya teori darwin...bisa jadi itu benar, dan itu bisa merujuk kepada satu kaum saja, namun tidak untuk semuanya, karena pada kenyataannya di masa modern sekarang ini masih ada juga manusia yang mirib manusia purba.

      teori darwin belumlah lengkap, karena yang darwin teliti hanya dari satu sisi saja, namun darwin tidak meninjau kebalikannya.

      bila kita mau melihat sejarah lebih jauh, tentu kita harus membumbuhi dengan logika berfikir dengan mendasari pada iman, tentu kita tidak akan tersesat dengan pemikiran orang lain.

      Hapus
  35. Jelas bahasa rohani tidak layak ditafsirkan secara apa adanya. Istilah kata Manusia Pertama adalah kata-kata Rohani yang tidak menuntut pembuktian dan ini adalah ungkapan kebebasan batin yang dinaskahkan.

    Sedang segala sesuatu melalui PROSES, entah relatif CEPAT atau EVOLUSI.

    Tak terkecuali, seperti IMAN manusia. Setiap nabi telah terintis oleh nabi atau rohaniwan sebelumnya.
    Seperti Penyandang Penemu Lampu Boohlamp Mr. Thomas Alfa Edison, telah terintis oleh perumus-perumus ilmu elektro sebelumnya.

    Jadi jelas Penyandang Manusia Pertama tak dapat dibuktikan.

    Bukti2 yang ada sekarang, hanyalah pucuk ranting2, tapi yang dicari adalah Batang Pokoknya dan yang jelas bukan manusia.

    Seperti masa kini, siapa yang layak dikatakan Generazi Modern Pertama. Walau dari konglomerat sekalipun tak mau menunjuk dirinya. Bukankah masih banyak yang terbelakang.

    Jadi tak perlu lagi pertanyaan tentang manusia pertama dari bahasa Rohani.//

    BalasHapus
  36. Indonesia ya memang indonesia, tapi jangan asal pake banged... Malu2-in ibupertiwi, kebanyakan asal koment-nya.

    BalasHapus
  37. Kalau memang manusia pertama itu satu orang,berarti satu wujud kan..,alias bentuk tubuhnya itu,warna kulitnya itu,dan lain sebagainya dan lain sebagainya ya cuma satu gitu.
    Tapi kenapa..? Kenapa manusia di bumi ini tak sama..? Orang indonesia tak sama dgn orang amerika,china,afrika,japan,mexico,brazil,korea,dll.
    Mulai dari postur tubuh,warna kulit,bentuk anggota tubuh,dll.
    Kenapa..??
    Saya minta segera di jelaskan.
    Secepatnya !
    Jangan sok tau semua.
    Jawab pertanyaanku yg sangat sederhana itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi menurutloh lo ngina tuhan ya law manusia di ciptakan wajah kembar kulit saama kita gak bisa kenalin dia bodoh kamu !

      Hapus
    2. ck ck ck para nabi udah bertebaran...semua yang ngomong bener semua, cuma ane doank yang salah....mohon petunjuknya yah para nabi nabi yang coment yang pada terpelajar dan pada bener semua....

      Hapus
  38. Mns prtma Adam as..
    ..mhlk prtma d bumi emng bkn adam..tp mungkin eng yg ktnya mns purba..tp klo mnrt ane..mns purba bukn sjnis manusia..tp mhluk2 laen..yg skrg tidk ada..cm.mirip monyt yg ad skrg..menrt ane tp..
    Jd teori mns purba itu salh..krn itu buknlh mns..
    ..piisss..itu cm pndt ane
    Wallahu allam

    BalasHapus
  39. Manusia ya..dr awalnya emang mns..bkn monyet.....jd yg ktnya mns purba..gk layak d sebut mns..tp mahluk purba..wallahu allam

    BalasHapus
  40. Manusia pertama memang adam dlm banyak penjelayan mengenahi ayat dan hadis bahwa bumi ini sebelum didiami manusia dia sudah didiami oleh bangsa jin dan bangsa ini telah membuat kerusakan dimuka bumi sehingga pemimpinya yg namanya IBLIS dipanggil oleh Allah dan dikumpulkan dgn malaikat ---> iblis ini ikut beribada seperti malaikat selama 6000 tahun . sampai Allah menciptakan Adam as ( setelah dijadikan adam manusia sempurna lalu ditiupkan Ruh ke sulbi adam ( ruh = Nur Muhammad) ) baru seluruh mahluk diharuskan tawasul dulu ke Adam utk menyembah Allah ---> Kemudian Iblis menolak dg dahli akan beribadah langsung saja ke Allah tanpa Tawasul -------> Allah yg maha gak butuh mengusir Iblis ----> Iblis minta konsekuensi dg ibadanya selama 6000 tahun ----> iblis minta umurnya di tanggukan sampai hari yg ditentukan , dia minta bisa melihat manusia, tapi manusia tidak bisa melihatnya, dia minta bisa menyusup keurat-urat nadi manusia, Setiap manusia lahir satu dari bangsanya lahirlah dua ----> Semua permohonan itu dikabulkan Oleh Allah ----> sejak saat ini bangsa jin memjadi bangsa halus...........( jadi kesimpulanya silakan ambil sendiri)

    BalasHapus
  41. siip ok banget setuju kalau gitu sebenarnya manusia purba itu adalah bangsa jin yaa

    BalasHapus
  42. Manusia Purba sudah ada jauh sebelum Adam, sedangkan Adam baru hadir sekitar 6000 yg lalu, Air bah Nuh terjadi sekitar 4000 tahun yg lalu.waktu itu yang selamat hanya keluarga Nuh (8 orang) dan hewan2 yg berada didalam perahunya. Keluarga Nuh ini telah membawa GEN dalam tubuhnya dari hasil kawin campur antara keturunan Adam dengan generasi terakhir manusia purba, sehingga lahirlah berbagai macam RAS manusia didunia ini, begitulah kronologis kejadiannya.ok

    BalasHapus
  43. kalo ada manusia purba sebelum adam, darimana asal manusia purba tersebut pertama kali?

    memang fosil yg ditemukan itu utuh? kan gak utuh, darimana mereka tau kalo itu wujud aslinya kayak manusia? bisa aja itu fosil kera/orang utan?

    jadi saya tidak percaya manusia purba itu ada.

    thank you infonya btw

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Ini yang benar.,! Manusia purba itu sama sekali tidak ada . Fosil2 yg d temukan para2 manusia zaman skarang itu adalah fosil2 kera di zaman daluhu yg ukuran nya lumayan besar.,,kalau ada yg percaya itu manusia purba berarti kamu keturunan manusia purba,,bukan keturunan nabi adam,..hehe

    BalasHapus
  46. Ini yang benar.,! Manusia purba itu sama sekali tidak ada . Fosil2 yg d temukan para2 manusia zaman skarang itu adalah fosil2 kera di zaman daluhu yg ukuran nya lumayan besar.,,kalau ada yg percaya itu manusia purba berarti kamu keturunan manusia purba,,bukan keturunan nabi adam,..hehe

    BalasHapus
  47. Menurut saya jls manusia purba yg lebih dlu hidup di bumi drpd Nabi Adam & ibu hawa. Perlu kita ketahui bahwa nabi Adam diciptakan untuk menjadi (khalifah) pemimpin dimuka bumi, nah prtanyaannya pd masa itu siapa yg beliau pimpin klo bkn "umat" sblmnya?
    Dan qt msh ingt ketika beliau dtrunkan ke bumi dan apa yg prtma beliau cari? Pakaianlah, beliau sadar aurat kok, krn dbekali "ilmu pengetahuan" sblmnya.. Naa, kira2 msh ada gak suku pedalaman yg gk pake baju dimuka bumi ini?yg struktur tengkoraknya mirip dgn manusia purba?yg klo ada masalah mesti pake otot?.. Anda sekalian bs berfikir yg mana yg masih "asli" atau sdh asimiliasi manpur nya.. Bnyk faktor.. :D
    assalamu alaikum, shalom alecheim

    BalasHapus
  48. Menurut saya jls manusia purba yg lebih dlu hidup di bumi drpd Nabi Adam & ibu hawa. Perlu kita ketahui bahwa nabi Adam diciptakan untuk menjadi (khalifah) pemimpin dimuka bumi, nah prtanyaannya pd masa itu siapa yg beliau pimpin klo bkn "umat" sblmnya?
    Dan qt msh ingt ketika beliau dtrunkan ke bumi dan apa yg prtma beliau cari? Pakaianlah, beliau sadar aurat kok, krn dbekali "ilmu pengetahuan" sblmnya.. Naa, kira2 msh ada gak suku pedalaman yg gk pake baju dimuka bumi ini?yg struktur tengkoraknya mirip dgn manusia purba?yg klo ada masalah mesti pake otot?.. Anda sekalian bs berfikir yg mana yg masih "asli" atau sdh asimiliasi manpur nya.. Bnyk faktor.. :D
    assalamu alaikum, shalom alecheim

    BalasHapus
  49. Kurang baca sejarah noh yg blg manusia purba itu murni monyet, hahhaaa.. Manusia purba ditemukan beserta sisa peradabannya sprti palu, kapak, pisau batu.. Apa monyet bs bikin itu alat? Hahhaaa.. Monyet ya monyet, manusia purba ya manusia purba.. Sdkit share aje men, bkn nyinggung.. Saling nambah ilmu..

    BalasHapus
  50. Adam itu laki2 apa perempuan ya?

    BalasHapus
  51. MANTAB MASSS BLOG'A......

    JANGAN MAU KITA DI TIPU2 ORANG YAHUDI.....

    MEMBUAT KITA SESAT ITU...........

    BAKAR ITU BUKU SEJARAH2 YANG GAK BETOL...

    SEPERTI SEJARAH DANAU TOBA SAJA DI UBAH2 MEREKA,,,

    SEJARAH ITU CUMAN BUKU DONGENG...

    SEJARAH SEBENAR2'A SEJARAH ADA DI AL Qur'an

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. SEJARAH SEBENAR2'A SEJARAH ADA DI AL Qur'an

    yang gak percaya sama sejarah Al Quran,,hanya orang2 kafir....

    BalasHapus
  54. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=510329815741576&set=a.352466708194555.84201.100002936862901&type=1&theater

    BalasHapus
  55. Gan kalau kita bahas manusia dulu atau manusia purba dulu,,,
    bentar dulu ea gan saya amati :D

    tapi kalau sejarah manusia itu bukan dari monyet,,saya membenarkan.....
    kalau saya sudah cukup paham....

    monyet itu binatang.........
    sedangkan manusia itu ea manusia ( orang )

    manusia purba itu menurut saya ea camang ( tapi banyak orang yang bilang camang itu orang utan )

    jadi intinya manusia sejarah'a bukan dari monyet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betull sob sejarah dan kebenaran sebener bener nya ada di alqur'an besok toko buku di seluruh dunia suruh tutup aja..kalo pun buka suruh jual alqur'an aja segala ilmu pengetahuan ada di dalamnya kok..gitu aja repot yak...pertanyaan seperti yang di ajukan orang2 di blog ini juga ada di alqur'an jd gak usah buat blog yang notabene jd nya gogo blog an toh jg udah ada di alqur'an..mungkin yg perlu dicari orang terpintar yang bisa cari ayat yang paling tepat di alqur'an buat nge jawab pertanyaan mudah bangett kayak gini...supaya orang2 gak pada bingung dan jd bertanya ''KENAPA''ada buku yang bisa menjawab segalanya tapi masih memunculkan orang2 yang pada bertanya ''KENAPA''....

      Hapus
  56. MENURUT SAYA sih Nabi Adam sewaktu baru diciptakan itu mirip kita2 yg sekarang,, tapi karena makan buah khuldi mereka jadi mirip kayak kera gitu.... setelah Adam meninggal tdk ada satupun nabi yg mirip kera kecuali Adam... setelah manusia berevolusi sampe manusia yg sempurna kayak kita2ini baru lahirlah Nabi Idris....

    Tapi yg sya tanyakan "Adam" itu artinya "tidak ada"...... Jadi Nabi Adam bener2 tidak ada dong....??? dan maksud dari "tidak ada" itu apa....?????

    BalasHapus
  57. Saya masih ragu bahwa Nabi Adam AS adalah manusia pertama!?buktinya apabila kita sama2 dari Nabi Adam AS, maka ciri fisik setiap orang baik di benua eropa,afrika, asia pastilah hampir sama. begitu juga masalah kebudayaan dan bahasa paling tidak mendekati karena faktor masa!saya sebagai muslim masih bingung. Mohon pencerahannya??

    BalasHapus
  58. Manusia purba itu adalah (Konspirasi) karangan-karangan orang yahudi dan sekutu'nya. Karena sesungguhnya mereka mengingkari hukum-hukum yang Allah berikan dan mereka (Yahudi dan Nasrani) mendustakannya.

    Firman Allah.swt:
    “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu. ” [Al Baqarah 120]

    BalasHapus
    Balasan
    1. manusia puraba adalah konspirasi yahudi dan nasrani...ckckck......nahhhh ini nih jawaban yang paling bener .. nabi agus labamba apapun yang keluar dari mulut dan pikiran mu adalah kebenaran yang pasti yang gak percaya sama yang nabi agus katakan semua masuk neraka...cuma jawaban dari orang bener dan pandai alias terpelajar juga kayak nabi agus ini nih yang bisa di percaya 10000% ...yang lain mah gak terpelajar bodoh semua cuma nabi agus labamba doank kok yang sekolah ,belajar dan mendapat ridho dari allah buat sampein berita kebenaran....

      Hapus
  59. yang bisa menjawab pertanyaan di atas (mungkin) hanya orang yang bisa mengingat pengalamannya selama di dalam rahim ibunya yang dapat menjawabnya dengan pasti!
    jika pengalaman hidup masa awal ini saja tidak dapat di ingat jangan harap bisa menjawab atau menyimpulkan pertanyaan yang bukan dari masanya dengan pasti! (pasti!)

    BalasHapus
  60. PUSIIIING!!!! Intinya mah "MEREKA" adalah kaum yang memiliki teknologi super tinggi yang bisa menciptakan manusia dan segala gala galanya ya wajarlah kita memujanya, ikutin aja aturan yg ada jangan di pikirin bisa GILA

    BalasHapus
  61. Dan jangan arogan semua kepercayaan sama saja, mau yahudi mau yahudin yaudalah kita mah cuma manusia biasa, masing2 nenek moyang yg menyebarkan suatu kepercayaan patut di hargai karna merekalah manusia yang paling menderita, di caci maki di hardik di telanjangi sudahlah cobalah untuk saling menghargai sesama manusia juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. saling menghargai memang penting, tapi kebenaran pun harus dicari

      Hapus
  62. angka 6000 tahun itu palingpaling angan angan kamu saja, sebab dalam sejarah di kabarkan bahwa usia nabi adam as saja hampir 1000 tahun, nabi idris as, nabi nuh juga lebih kurang 1000 tahun dan nabi nabi yang lain, kemudian diantara masa atau piode tertentu adalah dalam keadaan kosong alias tidak ada nabi. sedangkan jarak antara nabi isa as dengan nabi muhammad saw hampir 600 tahun. jadi sebaiknya berandai andai jangan sampai membuat kamu mengingkari kitab sucimu.

    BalasHapus
  63. terus mana yg benar nya gan ,, apakah duluan manusia purba atau adam AS

    BalasHapus
  64. wahhh jadi maksudnya yng di maksud dengan keturunan kera dan adam itu berbeda ya gan?
    terimakasih ;)

    BalasHapus
  65. "Wama kholaqtul jinna wal insan illa liya'budun"(tidak sekali - sekali AKU ciptakan jin dan manusia,melainkan untuk beribadah kepada-KU)apabila datang atas kalian sesuatu yang halal maka tinggalkanlah yang makruh apa lagi yang haram.dan apabila datang kepada kalian sesuatu yang wajib,maka tinggalkanlah yang sunnah apalagi yang mubah)Al - Hadist.(semoga bermanfaat).

    BalasHapus
  66. begh...
    ini nih kekurangan rakyat indonesia...apa apa sudah di hubungkan dg keyakinan...
    ini kan ranah ilmu pengetahuan,ya selsaikan dengan ilmu pengetahuan , yg di dalamnya meliputi sejarah masa lampau...dan bisa di buktikan lho..
    nah klo kita mencampur aduk kan keyakinan dengan ilmu pengetahuan ga akan nyambung...
    keyakinan(agama dan kepercayaan) itu akan menjadi benar sendiri di setiap pemeluknya...dan klopun di buktikan bakalan ribet(bersinggungan dengan yang lain)
    nah klo Sains, harus di buktikan dulu baru yakinn meski bersimbungan ga akan bentrok....
    ini perbedaannya...
    jangan di campur adukkan....sains itu bukan agama dan keyakinan....meskipun di dalam agama dan keyakinan terdapat sains...

    BalasHapus
  67. Sudah jgn pada berdebat. Memang pikiran agama dengan logika itu sangat beda. Mungkin itu semua tidak bisa di ambil logika. Lebih baik kita mempelajari yang benar dan membuang yang salah. Soalnya lama kelamaan jika terus begini nanti takutnya musrik...

    BalasHapus
  68. nabi admlah manusia pertamaaaa sekali bukan mausia purba/monyet

    BalasHapus
  69. nabi adamlah manusia yang pertam bukan manusia purba seekor kera/monyet

    BalasHapus
  70. semua itu adalah cerita do,ang yang jelas manusia pertama adalah adam,,,,,,,

    BalasHapus
  71. Kalau manusia purba yang jutaan tahun ada FOSILNYA, apakah ada ditemukan fosil ketuerunan nabi adam yang terdekat? Katanya ukuran tubuh Nabi Adam lumayan besar tu, beda dengan kita2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adam itu kalau setau saya dia dimakamkan tapi saya tidak tahu makamnya itu dimana?

      Hapus
  72. Sosok Adam digambarkan sangat
    beradab sekali, memiliki ilmu yang
    tinggi dan ia bukan makhluk purba.
    Ia berasal dari surga yang
    berperadaban maju. Turun ke muka
    bumi bisa sebagai manusia dari
    sebuah peradaban yang jauh lebih
    maju dan jauh lebih cerdas dari
    peradaban manusia sampai
    kapanpun, oleh karena itulah Allah
    menunjuknya sebagai ` khalifah`
    (pemimpin) di muka bumi.

    BalasHapus
  73. "Kita tdk sepatutnya percaya apa yg dikatakan oleh ilmuan darwin, karena dia tdk memiliki agama yg jelas maka ia berkesimpulan bahwa manusia itu berasal dari kera itu adalah salah besar, karena sudah jelas dalam islam tidak ada manusia yg berasal dari kera, melainkan Allah SWT menciptakan manusia untuk pertama kalinya dari tanah yg hitam itu adalah nabiyulah Adam AS. jadi manusia yg ada di muka bumi ini untuk pertama kalinya adalah nabi Adam AS.

    BalasHapus
  74. Menurut saya,Adam bukan manusia pertama di muka bumi karna dalam kitab suci Al-quran dari 114 surat 6666 ayat 30 juz,tidak ada ayat 1pun yg menyatakan adam manusia pertama.Alloh akan menciptakan seorang kholifah di muka bumi,yang akan membuat peradaban dunia baru.

    BalasHapus

jika tidak memiliki id apapun silahkan pilih anonymous