Membuat CD Interaktif dengan Macromedia Director

Kebutuhan presentasi visual berkembang dengan sangat cepat. Keadaan ini didukung pula oleh semakin maraknya software-software desain 2D/3D baik yang bersifat easy to use atau virtual reality. Dalam pembuatan presentasi multimedia interaktif director bisa dihandalkan juga karena kemampuan director dalam mengemas informasi dan data dari berbagai software lain untuk digunakan sebagai data pendukung. Director adalah software yang bisa dikatakan powerfull karena kemampuannya untuk berintegrasi dengan software lainnya. Sebuah presentasi ada yang bersifat linier dan non linier. Dan director sangat bisa untuk dihandalkan. Contoh lain dari penggunaan multimedia interaktif adalah company profile, product launching, expose, laporan tahunan, dan masih banyak lagi.


Untuk kali ini kita akan membahas pembuatan CD interaktif yang tentunya menggunakan Macromedia Director sebagai software utama dan didukung oleh software – software grafis dan animasi lainya seperi adobe photoshop, corel draw, 3d animation, macromedia flash, swift 3D, swish, anime fx dan masih banyak lagi. Apalagi ditambah dengan adanya xtras yang semakin membuat director lebih memukau lagi dan juga dukungan bahasa pemrograman lingo sebagai bahasa pemrograman yang digunakan di macromedia director.

Oke untuk sesi yang pertama ini terlebih dahulu akan memperkenalkan macromedia director dan contoh aplikasi yang jadi (tapi cuma screenshotnya saja). Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dalam membuat sebuah CD interaktif, mungkin hasilnya masih jauh dari kata sempurna. Sebagai contoh CD yang dulu dibuat adalah CD interaktif rumah bersalin dan Klinik kesehatan sebuah rumah bersalin di kota karanganyar (jawa tengah). Screenshotnya bisa dilihat dibawah ini :

Pengalaman pertama membuat CD interaktif masih kacau karena belum terkonsep dengan matang, tapi alhamdulilah akhirnya jadi juga. Untuk itu dalam pembuatan CD interaktif sebaiknya kita buat dulu konsepnya, materi (teks, picture, video, voice etc), struktur CD, desain antar muka, tujuan dari pembuatan CD tersebut, sasaran dan fungsi dari pembuatan CD tersebut dan mungkin masih ada lagi hal-hal lainya yang juga perlu disiapkan terlebih dahulu.

Semoga dengan melihat contoh – contoh diatas bisa memberikan gambaran ataupun sebagai referensi dalam pembuatan sebuah CD interaktif. Kreatifitas, kesabaran, keuletan dan tentunya skill dibutuhkan disini (minimal anda sudah pernah belajar photoshop, flash, coreldraw) juga kuat begadang sampai pagi didepan komputer (hehehehe). Finally..untuk sesi perkenalan cukup disini dulu, next session akan membahas tentang langkah awal dalam pembuatan aplikasi berbasis multimedia ini. (semoga bisa cepat kelar nulisnya untuk sesi-sesi berikutnya).

dikutip dari: http://faisalman.wordpress.com

2 komentar:

  1. Semoga Sukses dan Melejit usaha dan Karier anda...
    salam dari kami produsen cd interaktif anak - anak
    www.cdedukatif.com
    Hp. 085 726 000 123

    BalasHapus
  2. mas mau tanya.
    gimana caranya yang uda jadi bisa digunain di smartphone?

    makasi

    BalasHapus

jika tidak memiliki id apapun silahkan pilih anonymous