Membuat CD Interaktif dengan Macromedia Director II

untuk membuat sebuah cd interaktif sebaiknya kita mempersiapkan/mencari semua bahan (teks, picture, data, video etc). Dan tak kalah pentingnya adalah membuat struktur dari cd interaktif tersebut. Sebagai contoh lihat gambar dibawah ini :

struktur

Dari gambar diatas akan mempermudahkan kita dalam pembuatan CD ini. Kalaupun pingin ditambahi sub menu yang lainnya lagi juga bisa, karena terkadang pikiran ataupun ide muncul begitu saja. Dengan melihat gambar diatas kita tahu bahwa urutan dari cd tersebut dimulai dari intro kemudian menu utama, menu utama sendiri memiliki beberapa sub menu dan sub menu tersebut juga mempunyai sub menu lagi, yang kesemuanya saling terkait (link).

Setelah membuat struktur cd langkah yang bisa kita lakukan adalah memulai membuat konsep desain antar muka. Bisa dilihat contoh desain antar muka dibawah ini :

1

2

3

Setelah yakin dengan desain yang terpilih selanjutnya mulailah untuk mendesainya (silahkan gunakan software grafis sesuka kamu, mau pake coreldraw, photoshop, illustrator dll terserah ente ajah). Nah pada proses inilah aku dulu sempet dibuat puyeng (kebanyakan referensi, kebanyakan angan-angan dan setumpuk penyakitku mulai menyerang) tapi juga tergantung orangnya koq. :-)) Silahkan berkreasi untuk urusan desain ini (mau pake jurus typhographi, tracing dll terserah ente semua, yang penting enak dipandang mata, nyaman, tidak cepat melelahkan mata kalo dilihat, menarik, sesuai dengan obyek, hati-hati dengan permainan warna, usahakan semua halaman mempunyai keselarasan warna dan mungkin masih ada lagi hal-hal yang perlu diperhatikan dalam urusan desain ini) Pasti semuanya udah pada pinter koq.

Eh iya….jangan lupa untuk membuat animasi (pake flash, 3D max or swift 3D terserah), menyiapkan video (pake software editing pinnacle studio, adobe premiere, ulead video studio atau yang lainnya), backsound (edit pake cool edit pro atau adobe audition). Dan tak kalah pentingnya adalah mencari xtras tambahan (download saja di internet, banyak pihak ketiga yang memberikan xtras secara gratis koq). Dengan xtras inilah yang akan menjadikan director dijamin semakin powerfull bos (hehehehe). Coba cari xtras photo caster, yang akan memudahkan kita karena dengan xtras ini desain yang kita buat di photoshop akan masuk semua ke cast member ataupun ke score secara otomatis dan urut.

0 komentar:

Poskan Komentar

jika tidak memiliki id apapun silahkan pilih anonymous