Update Engine bagi Pengguna Avira Antivir

Kategori Antivirus, Virus
Update Avira

Bagi anda yang menggunakan antivirus Avira Antivir, baik yang Free maupun premium, baru saja terdapat update engine avira. Berbeda dengan update database virus, update engine mengupdate program inti (core), sehingga ada perbaikan performa/kinerja dan juga kemampuan antivirus.

Sebenarnya update engine biasa terjadi tiap 1-2 minggu sekali, tetapi update kali ini mungkin sedikit spesial, terutama juga bagi pengguna di Indonesia. Mengapa ?

Engine yang baru kali ini adalah Versi 7.9.0.4 (Avira versi 7) dan versi 8.2.0.4 ( Avira versi 8). Untuk mengentahui versi engine ini, buka saja window utama Avira, kemudian klik bagian Last Update ( tanda plus). Maka akan ditampilkan versi search Engine. Misalnya seperti contoh berikut :

Detail update di versi kali ini adalah sebagai berikut :

  • Added: Performance improvements
  • Added: Detection of polymorphic viruses : W32/KME.Gen
  • Added: Heuristic and generic detections : DR/FakePic.Gen, DR/Gifar.Gen
  • Updated: Detection of polymorphic viruses : W32/Virut.Gen
  • Updated: Heuristic and generic detections : HTML/Shellcode.Gen (PDF exploits)
  • Updated: Renamed SPR/ASF.GetCodec.Gen to EXP/ASF.GetCodec.Gen
  • Fixed: False positives : HEUR/Elf.Malware, HEUR/HTML.Malware, HEUR/Spoofing.Gen

Dari beberapa tambahan dan perbaikan diatas, ada satu virus yang mungkin banyak menyebar di sekitar kita, yaitu Win32/Virut. Saya sendiri beberapa kali menemukan komputer yang terinfeksi virus ini, mulai dari versi (varian) awal-awal sampai generasi virut versi terbaru (Win32/Virut.ag kalau tidak salah).

Sekalian sedikit membahas versi penamaan virus, ketika sebuah virus baru dideteksi antivirus, maka biasanya diberi akhiran a, misalnya Win32/Virut.a. Win32 berarti virus tersebut menyerang file-file application (windows 32 bit). Jika varian virus baru muncul maka di beri nama Virut.b dan seterusnya. Jika sudah sampai Virut.z, maka akhiran akan ditambah menjadi 2 huruf menjadi Virut.aa, Virut.ab, Virut.ac dan seterusnya. Jika Virut sudah sampai ag, berarti sudah lebih dari 30 varian virus ini.

Virus ini cukup merepotkan dan cukup hebat, terutama karena kemampuannya menumpang di file exe dan mampu menyebar melalui exe tersebut. Sehingga tidak jarang meski Windows di install ulang, masih terkena virus ini juga. Karena begitu selesai menginstall windows kemudian tanpa kita tahu, program yang di install berikutnya sudah di tumpangi virus ini.

Oleh karena itu, jika anda menggunakan antivirus Avira Antivir, dan versi engine masih dibawah versi tersebut, maka sebaiknya segera di update. Cara update sama seperti cara biasanya, hanya nanti perlu restart komputer agar update bisa finish.

Update manual avira bisa download di http://www.avira.de/en/support/vdf_update.html




0 komentar:

Poskan Komentar

jika tidak memiliki id apapun silahkan pilih anonymous