Jelajahi Bumi, Mars dan Lautan dengan Google Earth 5.0




Kategori Google
Google Earth 5.0

Baru saja Google merilis versi baru salah satu aplikasi-nya yang sangat bermanfaat, Google Earth 5.0. Di versi baru ini google earth tampil lebih komplit seperti tampilan lautan yang lebih lengkap (juga tampilan didalam/dasar laut, data dan video), perbedaan citra/image yang tampil saat ini dengan yang lalu, Touring dan 3D Mars.

Versi sebelumnya adalah Google Earth 4.3 dan versi 5.0 memang menambahkan hal-hal baru yang pantas kita coba. Berikut selengkapnya.


google-earth

Meskipun Google Earth versi sebelumnya juga menyertakan tampilan laut, tetapi versi ini google mulai memberi banyak tambahan citra detail, termasuk lantar/dasar laut, sehingga kita bisa melihat permukaan bawah laut dan menjelajahi berbagai sudut dan celah-celah di dasar laut. Selain itu juga disediakan ribuan data termasuk image dan video dari kehidupan laut.

Untuk tampilan Lautan yang cukup detail itu google bekerjasama banyak lembaga seperti : National Geographic, the Monterey Bay Aquarium, the National Oceanic and Atmospheric Association, the US Navy, Scripps Oceanography, Woods Hole Oceanographic Institution dan lainnya. Tetapi apakah hanya itu saja di versi 5.0 ini? tentu tidak, Google juga menambahkan beberapa fitur baru yang menarik di versi ini, yaitu:

  • Historical Imagenary. Selama ini google hanya menampilkan satu gambar saja dari tempat dan waktu yang diberikan. Dengan fitur baru ini, kita dapat memajukan atau memundurkan waktu, untuk melihat perubahan tampilan setelah beberapa tahun atau dekade yang lalu. Meski tidak semua tempat dan detail tersedia, tetapi kota seperti Jakarta sudah ada.

    google-historical-imagenary

  • Touring, yang memungkinkan kita membuat rekaman atau panduan yang disertai narasi, dari satu tempat ke tempat lain, yang kemudian hasilnya bisa di sharing ke orang lain, untuk kemudian dijalankan disana.
  • 3D Mars, setelah sebelumnya menambah fitur Sky (angkasa), kali ini google menambah fitur baru yang kolaborasi dengan NASA , 3D Mars. Dengan memilih “Mars” dari toolbar google earth, kita dapat melihat (mengakses) tampilan planet Merah ini dengan resolusi terbaru yang paling tinggi saat ini. Termasuk juga permukaan dan informasi/tanda pendaratan pesawat dan fitur menarik lainnya.
    google-earth-3d-mars

Jika ingin mengetahu perkembangan tentang fitur baru google Earth 5.0 dengan lebih detail silahkan mengikuti melalui Lat Long blog. Saat ini sepertinya untuk menginstall google earth 5.0 ini harus konek ke internet ( menggunakan Google Updater). Download Google Earth 5.0 Jika tidak bisa install aplikasi desktop bisa juga menggunakan plugins untuk web browser Mozilla Firefox, IE 6 dan 7, download plugins Google Earth

Jika ingin melihat tempat-tempat menarik, aneh, lucu, misterius dan sebagainya dari google earth, bisa mengunjungi http://www.gearthhacks.com




0 komentar:

Poskan Komentar

jika tidak memiliki id apapun silahkan pilih anonymous