6 Langkah Cepat Prosedur Instalasi Windows




Mungkin sebagian orang atau dari Anda sudah pernah melakukan instalasi sistem operasi windows, baik win9x, win2000 atau winXP. Sebenarnya instalasi windows dari versi ke versi adalah sama prosesnya, hanya yang membedakan adalah serial number atau cdkey yang tercantum pada cd master software windows. Selanjutnya Saya akan memberikan prosedur awal untuk memulai instalasi windows!
Tahap yang harus di lakukan :

1. Booting Komputer lalu masukan disket system dalam hal ini bisa menggunakan Dos versi 622 atau startup win95/98
2. Partisi hardisk, Perintah : A:\>fdisk lalu enter, pilih option no.1 lakukan secara urut, untuk menghapus partisi yang ada gunakan option no.3 lalu muncul tampilan delete dos partisi lakukan delete dari option 4 dahulu lalu sampai option 1!
3. Format hardisk (untuk memberikan nama label suatu hardisk). Perintah : A:\>format c:/s/v lalu enter kemudian akan muncul konfirmasi jawab dengan yes. Proses ini cukup memakan waktu lama! setelah selesai masukan nama label sesuai keinginan biasanya maksimal 11 karakter. Fungsi Format juga bisa melihat kondisi hardisk!
4. Masukan cd master win98. Ketik perintah : E:\>cd win98 lalu enter, ketik setup.exe (E:\>win98\setup lalu enter) Ingat drive cd rom anda belum tentu drive E tergantung berapa banyak anda mempartisi hardisk! otomatis drive cd rom akan terditeksi apabila pada BIOS anda sudah terdeteksi/autodetect.
5. Pantau terus proses yang sedang berjalan saat instalasi berlangsung, ikuti perintah yang ia minta! setting tanggal dan waktu dengan benar! Apabila proses meminta serial number/cdkey masukan cd key yang ia minta. Jika di cd anda tidak terdapat cd key, Anda tak usah khawatir karena di situs ini tersedia cd key dari berbagai aplikasi, klik saja link cd key!
6. Setelah proses instalasi berjalan dengan lancar maka windows secara otomatis langsung mendeteksi keberadaan hardware! Perlu di Ingat jika komputer anda ada tambahan hardware atau tidak terdeteksi dengan win98 maka anda harus menambahkan software driver yang mendukung (biasanya sebuah cd driver untuk hardware/motherboad bila kita membeli sebuah komputer), jelas cd driver ini diberi! jika anda tidak punya mampuslah Anda :-)

Menghilangkan Error pada Windows

Jika komputer kita mengalami masalah yaitu pada saat booting ia akan menampilkan pesan, Cannot find a device file that may be needed to run Windows application, dst........Vnetsup.vxd Hal ini pada dasarnya terjadi sedikit kesalahan pada network komputer. Untuk menghilangkan pesan tersebut, lakukanlah hal didalam Registry Windows. Klik Start-Run-Regedit. key: HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlset\Services\VxD\vnetsup dan hapuslah value StaticVxD. Atau key: HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlset\Services\VxD\dfs.




0 komentar:

Poskan Komentar

jika tidak memiliki id apapun silahkan pilih anonymous