TIPS MENYELAMATKAN DATA YANG HILANG




Data merupakan nyawa yang harus kita lindungi dan amankan dalam dunia informasi teknologi, karena dengan data semua informasi penting bisa ditampilkan. Ada berbagai teknik untuk melindungi dan mengamankan data, yang salah satunya adalah dengan cara membackupnya (menggandakan) ke dalam sebuah media penyimpanan seperti hardisk, CD, Disket, Flash Disk dan sebagainya. Tapi bagaimana kalau data tersebut hilang seketika tanpa kita sadari kita tidak punya backup-nya?!

Untuk menjawab pertanyaan itu, penulis akan memberikan resep jitu teknik merecovery/menyelamatkan data. Dalam kasus kehilangkan data tersebut, seyogyanya kita harus tahu terlebih dahulu permasalahan yang ada di hardisk kita??? Pada dasarnya hardisk memiliki beberapa bagian diantaranya Partition table, MBR (Master Boot Record), Cluster/sector....dan masih lebih kompleks untuk kita bahas!

Singkatnya data yang hilang akibat salah dalam mempartisi atau tidak sengaja terhapus asalkan data yang hilang tersebut tidak tertimpa beberapa kali dengan data yang baru, maka bisa dipastikan data tersebut masih ada harapan untuk diselamatkan atau di recovery! Banyak Software-software gratisan yang berfungsi untuk memanggil data yang hilang serta partisi yang rusak. Untuk itu penulis ingin berbagai kepada Anda software apa yang penulis pakai untuk merecovery data....Oke simak dan pahami langkah demi langkah penjelasan serta teknik di bawah ini :

Gunakan Software DriveRescue, dapat download di: http://home.nexgo.de/christian_grau/rescue/index.html

Install icon setup tersebut! setelah proses Insatalasi selesai...Ada 3 opsi pilihan; Recovery deleted files, Find lost data, Find lost Drive. tinggal sesuaikan permasalahan kehilangan data yang Anda alami

Setelah Anda pilih dari ketiga opsi tersebut, sistem akan langsung menscan Bios dan drive, lalu akan tampil menu select drive, tinggal anda pilih data yang hilang awalnya di drive mana?! kemudian klik tombol OK...setelah itu proses akan berjalan secara otomatis dan tunggulah beberapa saat.

Tahap selanjutnya file/data yang hilang tadi akan di tandai dengan kumpulan folder berwarna hijau muda, tinggal anda cari folder-folder berwarna hijau muda tersebut! bila telah ditemukan file yang hilang tadi lakukanlah segera penyimpanan dengan cara klik kanan data tersebut lalu Save to...

Dalam kasus ini kita telah berhasil menyelamatkan data kita. Tapi masih perlu dipahami tentang konsep hardisk dan sifat dari sistem operasi itu sendiri, karena dengan begitu kita akan paham dan mengerti betul data yang masih bersifat bagaimana yang masih bisa diselamatkan atau tidak?!




1 komentar:

  1. beberapa program bisa juga dipake untuk recovery seperti itu seperti Getdata back,Easy Recovery dll...ato kalo ada waktu mampir ke webku : www.solusiharddisk.com, kasi saran ato masukan yang positif OK

    BalasHapus

jika tidak memiliki id apapun silahkan pilih anonymous