Membagi file besar menjadi beberapa file yang lebih kecil



Untuk membagi file besar menjadi beberapa file yang lebih kecil (supaya bisa dicopy ke CD/DVD) cukup menggunakan program WinZip. Caranya juga mudah banget :
  1. Pastikan aplikasi Winzip sudah terinstall dalam kompiuter.
  2. Klik kanan file/folder yang mau di bagi => posisikan kursor pada menu WinZip, lalu pilih add to Zip file….
  3. Klik New pada dialog add (menu dari program WinZip) untuk menentukan lokasi tujuan, lalu masukan nama file => OK.
  4. Kemudian lihat menu di bawahnya, pada menu split zip file : pilih ukuran pembagian file yang kita inginkan, => lalu klik Add. Secara otomatis WinZip akan membangi file/folder berukuran besar tersebut menjadi beberapa file yang sudah kita tentukan lokasi, nama, serta ukuran pembagian file.
  5. Setelah selesai, kita bisa lihat pada lokasi yang kita tuju. Di situ ada beberapa file (contoh; filebesar.z01 s/d filebesar.z….) dan juga satu file dengan icon WinZip dan nama sesuai dengan yang kita tentukan (contoh; filebesar.zip). File tersebut adalah file induk, yang mana bila kita hendak menggunakan file (yang tadinya besar) tersebut kita tinggal klik kanan file (filebesar.zip) tersebut => lalu pada menu WinZip pilih Extract here, atau Extract to….. untuk menentukan lokasi baru. File besar akan otomatis kembali seperti semula.
Dengan cara di atas kita tidak perlu bingung karena tidak memiliki program kusus untuk menggabungkan kembali, karena bisa dipastikan hampir semua komputer memiliki program WinZip. Tentu saja, karena menggunakan program untuk kompres, file besar yang kita bagi tersebut juga otomatis dikompresi pada saat pembagian.
Untuk Download WinZip 14.0.8688 Silakan DOWNLOAD DI SINI.
Untuk Download WinRAR 3.91 Beta2 Silakan DOWNLOAD DI SINI.

2 komentar:

jika tidak memiliki id apapun silahkan pilih anonymous